• MA MA'ARIF NU ASSA'ADAH
  • BERAKHLAK MULIA, CAKAP, CENDEKIA, DAN BERKARAKTER PESANTREN

Tukar Sampah dengan Es Krim, Sekolah di Gresik ini Ajarkan Pelajar Jaga Lingkungan

Gresiknews.co – Para siswa-siswi MA Ma’arif NU Assa’adah Yayasan Ponpes Qomaruddin (YPPQ) Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, punya cara unik dalam membangun kesadaran para pelajar dalam menjaga lingkungan.

Mereka melaunching Blue Agent Madah, yang mana setiap orang bisa membeli makanan dan minuman hanya dengan sampah, Senin (10/9/2018).

Terlihat keramaian di stand bazar MA Ma’arif NU Assa’adah. Beberapa anak-anak membawa sampah botol plastik untuk ditukarkan dengan es krim cup kecil. Dalam sekejap, es krim langsung ludes tak tersisa.

Ketua YPPQ, KH Muhammad Alauddin menjelaskan, dalam rangka memperingati tahun baru Islam seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan YPPQ berkolaborasi dengan menggelar pentas seni dan bazar.

Dirinya mengatakan, dari beberapa stand bazar, ada stand yang konsen ke lingkungan, yakni MA Ma’arif NU Assa’adah.

“Melalui program Blue Agent Madah mereka ingatkan pengunjung untuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata Gus Ala’.

Untuk bazar sendiri, pihak YPPQ memang menjadikannya sebagai upaya mendidik para siswa-siswi agar kreatif dan berwirausaha.

“Jadi anak-anak yang pingin es krim hanya tinggal menyerahkan sampah botol platik sebanyak 10 biji,” ungkapnya.

Salah satu pengunjung, Lukman mengaku senang dengan adanya program Blue Agent Madah. Hal tersebut dikarenakan dia bisa lebih menghemat uang sakunya.

“Saya senang. Sebab selain lingkungan jadi bersih, uang jajan saya juga tidak berkurang,” ujar salah satu siswa sekolah yang ada dinaungan YPPQ ini. (Khanif/m1)

Komentari Tulisan Ini